Kamis, 12 Maret 2015

ANALISIS FUNDAMENTAL



Hasil Perhitungan
Nilai Intrinsik Saham Perusahaan Kosmetik
dan Barang Keperluan Rumah Tangga


Perbandingan Nilai Intrinsik dan Harga Saham Tahun 2012
Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga
 

 
Pengambilan Keputusan Investasi
Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga

Berdasarkan tabel di atas, dari empat saham perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang dijadikan sampel periode 2009 sampai 2011 terdapat tiga saham yang berada dalam kondisi overvalued dimana nilai intrinsik lebih kecil dari harga pasar sahamnya pada akhir tahun 2012 sehingga, keputusan yang sebaiknya diambil adalah menjual saham tersebut apabila telah dimiliki sebelum harga saham tersebut mengalami penurunan dikemudian hari atau tidak membeli saham tersebut karena berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan bagi calon investor dengan harapan harga saham akan turun dikemudian hari. Saham yang sebaiknya dijual tersebut adalah saham PT. Mustika Ratu, Tbk, PT. Mandom Indonesia, Tbk, dan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Saham PT Martino Berto, Tbk berada dalam kondisi undervalued dimana nilai intrinsiknya lebih besar dari harga pasar sahamnya pada akhir tahun 2012 sehingga, keputusan yang sebaiknya diambil oleh calon investor adalah membeli saham tersebut dan jika investor telah memiliki saham tersebut, maka keputusan yang sebaiknya diambil adalah menahan saham tersebut dengan harapan dikemudian hari harga saham tersebut akan naik.